Kamis, 24 April 2014

MACHINERY ENGINEERING

KONVENSI ENERGI

MEKANISME AC MOBIL


Jalan - jalan ke Semarang pake mobil yang ga ber AC??? Pasti menderita pake banget tuh, mobil di zaman ini sudah dibekali AC dari pabriknya. Tahukah anda apa kepanjangan dari AC??? AC adalah kepankangan dari Air Conditioner. AC dapat membuat temperatur udara kita sejuk walaupun pada saat yang panas sekalipun. tapi sayangnya banyak pemilik mobil yang kurang mengerti tentang AC.

Dan melalui blog ini saya akan menjelaskan secara singkat  mekanisme AC (Air Conditioner) dalam mobil.

GAMBAR MEKANISME AC MOBIL


LETAK KOMPONEN AC MOBIL



KETERANGAN
A. Kompresor
B. Kondensor 
C. Filter Drier 
D. Expansion valve 
E. Evaporator
F. Motor blower 
G. Motor fan 


FUNGSI KOMPONEN KOMPONEN DALAM AC MOBIL

Freon 
Freon adalah cairan pendingin pada AC. Rumus kimianya adalah CFC (Chlor Fuoro Carbon)



Evaporator
Berfungsi untuk mengubah cairan freon menjadi gas dingin. Di perangkat inilah proses pendinginan cairan freon berlangsung.

Dryer
Alat yang bentuknya seperti tabung  berfungsi sebagai tempat menyimpan freon sementara setelah dicairkan oleh kondensor untuk kemudian disuplai ke evaporator. Fungsi lainnya adalah sebagai penyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC.

Expansion Valve / Katup Ekspansi
Fungsinya adalah untuk menyemprot cairan freon dari dryer ke evaporator dengan temperatur dan tekanan yang rendah.

Kondensor
Komponen ini fungsinya untuk mengubah freon menjadi cairan yang bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi. 

Kipas Kondensor
Komponen ini sebagai pendingin kondensor karena refrigerant di dalamnya yang panas. Kipas ini pada beberapa mobil biasanya menyatu dengan kipas pendingin mesin. Kerusakan yang timbul biasanya putaran kipas lemah penyebabnya bisa karena sistem kelistrikan AC atau motor listriknya sudah lemah.

Kompresor
Fungsinya untuk menekan cairan freon ke kondensor. Kompresor bisa mengalami kerusakan karena umur misalnya kebocoran, magnet sudah lemah & berkurangnya oli dalam kompresor. Jika terjadi kerusakan biasanya akan terdengar suara berisik saat AC dinyalakan.



Cara Kerja AC Mobil
    1. Freon dari dryer disemprotkan oleh expansion valve ke kompresor
    2. Kompesor > freon masuk : berupa gas yang suhu dan tekananya rendah >> keluar : berupa gas yang suhu dan tekananya tinggi
    3. Kondensor > masuk : berupa gas yang suhu dan tekananya tinggi  >> keluar : berupa cairan tak sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi
    4. Receiver drier > masuk :berupa cairan tak sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi    >> keluar :berupa cairan sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi
    5. Expansion valve  > masuk : berupa cairan sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi                  >> keluar :berupa kabut yang disemprotkan dimana suhu dan tekanannya rendah
    6. Evaporator  > masuk :berupa kabut yang menguap dimana suhu dan tekanannya rendah  >> keluar :berupa gas yang suhu dan tekanannya rendah
     Berikut adalah gambar skema kerja AC mobil

    Dibawah ini adalah animasi dari mekanisme sistem AC



    Berikut akan saya ambilkan video tentang mekanisme AC mobil dari You Tuve agar anda semua mengerti dengan jelas bagaimana proses AC.


    Video diatas adalah video dari DENSO Air Coditioner




    Video di atas adalah video mekanisme kerjanya secara rinci





    KONVENSI ENERGI

    Energi Kimia(FREON) - Energi Panas(Compressor) - Energi Gerak

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar